Pengalaman Menyenangkan Berendam di Onsen Jepang

Spread the love

Jepang merupakan sebuah negara yang memiliki banyak sumber air panas atau dalam bahasa Jepangnya adalah Onsen. Hampir di seluruh negara tersebut ada hampir 3.000 spot mata air panas dan hampir semua wilayah di Jepang ada pemandian air panas. Bahkan kebiasaan masyarakat Jepang yang sering dilakukan adalah berendam air panas.

Ada banyak tempat pemandian air panas yang tersedia di Jepang dengan beragam fasilitas yang diberikan. Harga yang ditawarkan berendam di Onsen Jepang juga beragam sesuai dengan paket yang diberikan, yaitu antara 1000 hingga 10.000 Yen per orang. Berendam di Onsen Jepang sangat menenangkan dan ada beberapa aturan yang wajib diperhatikan.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Saat Berdam di Onsen

Hal-hal yang perlu kamu perhatikan pada saat berendam di Onsen adalah:

·         Bilas Tubuh Sebelum masuk ke Kolam

Biasanya hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum mulai berendam di Onsen adalah membilas tubuh terlebih dahulu. Hal ini dapat dilakukan sebelum kamu mulai masuk ke dalam kolam supaya memastikan tubuh dalam kondisi bersih. Umumnya di hotel atau tempat pemandian air panas di Jepang memiliki area mandi khusus yang dapat digunakan oleh pengunjung untuk membilas.

Bilaslah tubuh kamu dengan air supaya bersih sebelum masuk ke dalam Onsen. Perlu diketahui biasanya hanya terdapat satu maupun dia kolam air panas yang tersedia untuk beramai-ramai. Berendam di Onsen beramai-ramai dengan orang lain merupakan hal yang lumrah terjadi di sana.

·         Tidak Mengenakan Sehelai Pakaian

Saat berendam di Onsen Jepang biasanya mereka tidak akan mengenakan sehelai pakaian. Hal ini juga sudah umum dan jadi hal biasanya sehingga bagi kamu yang ingin mencobanya jangan kaget. Semua orang yang berada di dalam Onsen harus telanjang. Bagi kamu yang belum terbiasa berendam air panas di Jepang pastinya akan kaget.

Namun, biasanya tempat Onsen Jepang setiap kolam dibedakan khusus untuk laki-laki dan perempuan. Dengan begitu pengunjung akan merasa nyaman dan tidak perlu cemas selama berendam air panas. Hal seperti ini dilakukan untuk menjaga kebersihan saat berendam di dalam Onsen.

·         Tidak Diperbolehkan Membawa HP

Saat berendam di dalam Onsen juga tidak diperbolehkan membawa HP demi keamanan dan kenyamanan. Kamu yang datang ke tempat Onsen tidak perlu cemas karena akan diberikan loker tempat penyimpanan barang-barang yang dibawa termasuk HP. Setiap pengunjung akan diberikan loker dengan kuncinya supaya lebih aman.

Membawa ponsel ke dalam Onsen dikhawatirkan akan disalahgunakan untuk mengambil gambar. Onsen merupakan tempat yang private sebab tidak ada pengunjung di sana yang mengenakan pakaian. Sekedar bermain HP juga tidak boleh supaya pengunjung mendapatkan kenyamanan selama berenang atau berendam di dalam Onsen.

Sebelum kamu memasuki area Onsen harus memasukkan HP atau kamera masing-masing di loker dan kemudian baru bisa masuk ke dalam Onsen.

·         Tidak Boleh Memiliki Tato

Di Onsen Jepang pengunjung yang bertato tidak diperbolehkan masuk karena ada aturannya. Di semua tempat Onsen tidak memperbolehkan pengunjung bertato berendam di dalam pemandian air panas. Hal ini bisa terjadi karena tato sangat identik dengan Yakuza yang merupakan mafia yang paling ditakuti Kepang.

Itulah sebabnya pengunjung bertato dikhawatirkan akan membuat pengunjung merasa tidak nyaman. Nah, itulah sebabnya bagi kamu yang memiliki tato tidak diperbolehkan masuk atau mandi air panas ke sana.

·         Kuncir Rambut Bagi Berambut Panjang

Bagi pengunjung yang memiliki rambut panjang harus menguncir rambut mereka. Biasanya aturan ini dilakukan untuk menjaga kebersihan air di dalam Onsen dan juga tidak mengganggu kenyamanan pengunjung yang lainnya. Bisa saja rambut rontok pada saat memasuki ke dalam kolam Onsen dan membuat kolamnya jadi kotor.

Sebelum kamu memasuki area Onsen harus mengikat rambut apabila rambutnya cukup panjang. Pada saat masuk ke dalam Onsen juga wanita akan meletakkan handuk kecil di atas kepalanya dan handuknya tidak boleh sampai jatuh ke dalam air.

·         Tidak Boleh Mandi dan Berenang

Saat berendam di dalam Onsen, pengunjung tidak diperbolehkan mandi dan berenang. Meskipun Onsen memiliki kolam yang cukup luas, namun pengunjung tidak diperbolehkan berenang. Di Onsen biasanya pengunjung hanya berendam saja untuk mendapatkan kenyamanan dan ketenangan karena airnya hangat.

Hal ini perlu dilakukan untuk membuat pengunjung yang lain merasakan kenyamanan juga. Pengunjung juga tidak boleh mandi di Onsen dengan membawa peralatan mandi dari luar. Umumnya setiap Onsen sudah menyediakan area mandi cara khusus dengan ruangan yang bersekat sehingga beberapa pengunjung bisa menggunakannya dengan baik.

Di area mandi juga tersedia shower, sampo, sabun sampai sabun cuci muka yang bisa digunakan oleh pengunjung.

Nah, itulah hal-hal penting yang perlu kamu perhatikan saat mandi di Onsen Jepang agar merasa nyaman.